Implementasi Learning Management System (LMS) sebaga Media Pembelajaran di SMK Al Azhar Banyuwangi

Authors

  • Nunik Mila Sari Universitas KH. Mukhtar Syafa’at Banyuwangi
  • Muhammad Fauzi Al Hamidi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59065/jissr.v4i2.149

Keywords:

Implementasi, Learning Management System, Media Pembelajaran

Abstract

Perkembangan media pembelajaran saat ini sedang menghadapi revolusi industri, secara khusus media pembelajaran kini harus terintegrasi dengan model e-learning, dan terputus dengan komputasi yang mengharuskan sekolah melakukan revitalisasi sistem pembelajaran. Tujuan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan learning management system bagi guru sebagai media pembelajaran, untuk mengetahui bagaimana penerapan learning management system bagi peserta didik sebagai media pembelajaran dan untuk mengetahui faktor pemimpin dalam penerapan learning management system sebagai media pembelajaran di SMK Al Azhar . Banyumas. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, dan analisis data menggunakan analisis reduksi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi sistem manajemen pembelajaran sebagai media pembelajaran tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebagian guru dan peserta didik masih kesulitan dalam penggunaan LMS sendiri, sehingga proses pembelajaran tidak sesuai dengan tujuan awal. Faktor penghambatnya ialah kurangnya kemampuan teknologi dan literasi digital pada guru yang usianya di atas 40 tahun, budaya wajib pemakaian LMS pada kelas XII bukan pada seluruh kelas disekolah, serta sarana dan prasarana yang belum memadai. Perlu adanya pengembangan dan kesadaran pada guru yang belum cukup menguasai dunia digital, pemerataan penggunaan LMS sebagai media pembelajaran seluruh kelas dan peningkatan penyediaan saran dan prasarana oleh sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, S.K. et al. (2022) ‘Penerapan Learning Management System BelajarBareng . id di SMK Negeri 1 Leuwiliang pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Educatio, 8(1), pp. 116–126. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1686.

Adella, D. and Dwi, D.F. (2023) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika berbasis PJBL dengan Menggunakan Media Visual pada Materi Bangun Datar di Kelas IV SDN 060818 Medan’, Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA), 7(2).

Afifatul Hikmah, S.N. (2021) ‘Problematika Pencapaian Kompetensi Keterampilan Berbicara Siswadalam Pembelajaran Bahasa Indonesia’, Jurnal PENEROKA, 1(01), p. 59. Available at: https://doi.org/10.30739/peneroka.v1i01.739.

Ahmad, R. (2021) ‘Implementasi Pendidikan sebagai Hak Asasi Manusia’, Jurnal Pendidikan Tanbusai, 5(3), pp. 10160–10165.

Akbar, M.R., Mulyadi and Shandi, S.A. (2021) ‘Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa’, Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), pp. 46–56.

Alifah, S. (2021) ‘Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain (Education in Indonesia and Abroad: Advantages and Lacks)’, Jurnal Penelitian, 5(1), pp. 113–123.

Anas, N. and Ishaq, K. (2022) ‘Qualitative Research Method in Behavioural Science Research’, International Journal of Management, Social Sciences, Peace and Conflict Studies (IJMSSPCS), 5(1), pp. 89–93.

Andari, E. (2022) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS)’, Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), pp. 65–79. Available at: https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694.

Asamoah, M.K. (2021) ‘ICT officials ’ opinion on deploying Open Source Learning Management System for teaching and learning in universities in a developing society’, Journal E-Learning and Digital Medi, 18(1), pp. 18–38. Available at: https://doi.org/10.1177/2042753020946280.

Aziz, Widianto and Purwanto (2024) ‘Analisis Pengunaan Learning Management System Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Tahun Pertama’, Jurnal Studi Guru dan …, 7(1), pp. 13–27.

Bizami, N.A., Tasir, Z. and Na, K.S. (2023) Innovative pedagogical principles and technological tools capabilities for immersive blended learning : a systematic literature review, Education and Information Technologies. Springer US. Available at: https://doi.org/10.1007/s10639-022-11243-w.

Bradley, V.M. (2021) ‘Learning Management System ( LMS ) Use with Online Instruction’, International Journal of Technology in Education (IJTE), 4(1), pp. 68–92. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.46328/ijte.36.

Bygstad, B. et al. (2022) ‘From dual digitalization to digital learning space: Exploring the digital transformation of higher education’, Computen and education, 182(104463). Available at: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104463.

Dar, M.A. et al. (2022) ‘Role Of Projected And Non- Projected Teaching Aids In Teaching Learning Process’, Journal of Positive School Psychology, 6(10), pp. 1725–1743.

Debby, E. and Shefaly Shorey (2022) ‘Examining characteristics of descriptive phenomenological nursing studies : A scoping review’, Journal of Advanced Nursing, 78(7), pp. 1968–1979. Available at: https://doi.org/10.1111/jan.15244.

Dihe, L. and Wangdra, Y. (2023) ‘Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa’, Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, (September), pp. 84–90.

Ellestr, L. (2021) Beyond Media Borders, Volume 1 Intermedial Relations among Multimodal Media.

Fadilah, A. et al. (2023) ‘Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran’, Journal of Student Research (JSR), 1(2), pp. 1–17.

Faishol, R. and Mashuri, I. (2022) ‘The Concept of Learning Media in the Perspective of the Qur ’ an and Al-Hadith’, Journal of Islamic Education Research, 3(02). Available at: https://doi.org/10.35719/jier.v3i2.244.

Fatmawati, Sukartiningsih, W. and Indarti, T. (2021) ‘MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL: LITERATURE REVIEW’, PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 3(2), p. 6.

Fuady, I., Sutarjo, M.A.S. and Ernawati, E. (2021) ‘Analysis of Students’ Perceptions of Online Learning Media During the Covid-19 Pandemic ( Study of E-learning Media: Zoom, Google Meet, Google Classroom, and LMS’, Randwick International of Social Science (RISS) Journal, 2(1), pp. 51–56.

García-escribano, A.B. and Ogea, M. (2023) ‘Didactic audiovisual translation Interlingual SDH in the foreign language classroom’, Translation and Translanguaging in Multilingual Contexts, 9(2), pp. 187–215.

Gever, V.C. et al. (2021) ‘Visual media and learning : Effect of interactive television instruction as an intervention strategy for improving the critical thinking skills and disposition of out- of-school nomadic children in Nigeria’, Journal Learning and Motivation, 76(101767), pp. 1–11.

Hakim, L., Lumba, E. and Danuputri, C. (2023) ‘Implementasi Pengujian Learning Management System Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Moodle Di Universitas Xyz’, ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(1), pp. 48–58. Available at: https://doi.org/10.31849/zn.v5i1.12760.

Huda, C., Hanief, M. and Hakim, D.M. (2022) ‘Islamic Religius Education Learning Strategy with Edutainment Insight in Improving Learning Motivation of Students’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), pp. 787–805.

Ichsan, J.R. et al. (2021) ‘Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar’, in Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, pp. 183–188.

Ikromovna, A.Z. and Latipovna, R.N. (2021) ‘LMS (Learning Management System) Learning Management System Features’, in International scientific-online conference, pp. 85–94. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10517194.

Islam, A. and Aldaihani, F.M. (2022) ‘Justification for Adopting Qualitative Research Method, Research Approach, Sampling Strategy, Sample Size, Interview Method, Saturation, and Data Analys’, Journal of International Business and Management (JIBM), 5(1), pp. 1–11. Available at: https://doi.org/10.37227/JIBM-2021-09-1494.

Jannati, P., Ramadhan, F.A. and Rohimawan, M.A. (2023) ‘Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah, 7(1), pp. 330–345. Available at: https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1.

Jing, L. and Hongxia, M. (2021) ‘An Innovative Method for Digital Media Education Based on Mobile Internet Technology’, International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(13), pp. 68–81.

Kesuna, M.N. and Maina, A.W. (2023) ‘Utilization of Visual and Realia Instructional Materials in Enhancing Acquisition of Pre-Reading Skills Among Preschool Learners in Narok County , Kenya’, European Journal of Education Studies, 10(12), pp. 110–123. Available at: https://doi.org/10.46827/ejes.v10i12.5102.

Khoa, B.T., Hung, B.P. and Hejsalem, M. (2023) ‘Qualitative research in social sciences : data collection , data analysis and report writing’, International Journal of Publik Sector Performance Management, 12(1–2), pp. 187–209. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.1504/IJPSPM.2023.132247.

Leny Dhianti (2021) ‘Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika’, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), pp. 80–84. Available at: https://doi.org/10.21009/jrpms.051.10.

Li, J. (2021) ‘Application of Mobile Information System Based on Internet in College Physical Education Classroom Teaching’, Journal Mobile Information Systems, 2021(1), pp. 1–22.

Liu, Y. et al. (2023) ‘Retracted Holographic Projection Technology in the Field of Digital Media Art’, Wireless Communications and Mobile Computing, 2021(1), pp. 1–27.

Lovianova, I. V et al. (2021) ‘Methodical preparation as a means of developing prospective mathematics teachers ’ ICT competency’, Educational Technology Quarterly, 2021(2), pp. 331–346.

Maghfiroh, S. and Suryana, D. (2021) ‘Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), pp. 1560–1566.

Mohammadi, M.K., Mohibbi, A.A. and Hedayati, M.H. (2021) Investigating the challenges and factors influencing the use of the learning management system during the Covid ‑ 19 pandemic in Afghanistan, Education and Information Technologies. Springer US. Available at: https://doi.org/10.1007/s10639-021-10517-z.

Muzari, T., Shava, G.N. and Shonhiwa, S. (2022) ‘Qualitative Research Paradigm , a Key Research Design for Educational Researchers , Processes and Procedures : A Theoretical Overview’, Indiana Journal of Humanities and Social Sciences, 3(1), pp. 14–20.

Novina, K.A., Setyasto, N. and Sulastri (2023) ‘Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Realia pada Peserta Didik Kelas IV SD’, Joyful Learning Journal, 12(2), pp. 67–73.

Permana, belva saskia, Hazizah, luitvia ainun and Herlambang, yusuf tri (2024) ‘Teknologi Pendidikan : Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi’, Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), pp. 19–28.

Putra, E.A., Sudiana, R. and Pamungkas, A.S. (2020) ‘Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA’, Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), pp. 36–45. Available at: https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014.

Quansah, R.E. and Essiam, C. (2021) ‘The use of learning management system ( LMS ) moodle in the midst of covid- 19 pandemic : Students’ perspective’, Journal of Educational Thecnology & Online Learning, 4(3).

Rashid, A.H.A. et al. (2021) ‘Teachers’ perceptions and readiness toward the implementation of virtual learning environment’, International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), pp. 209–214. Available at: https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21014.

Ritonga, A.P., Andini, N.P. and Iklmah, L. (2022) ‘Pengembangan Bahan Ajaran Media’, Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), pp. 343–348.

Rustini, T., Arifin, M.H. and Wahyuningsih, Y. (2021) ‘Implementasi Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi Berbasis Aplikasi LMS Google Classroom’, Oktober, 2021(2), pp. 115–123. Available at: https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4174.

Safitri, D. (2024) ‘Analisis Kegunaan WEB Learning Management System ( LMS ) Sebagai Pendukung Pembelajaran Project-Based Learning di SMK’, jurnal ilmu pendidikan, 2(4), pp. 667–671.

Sari, N.L.I.P., Paramarta, I.K. and Wisnu, I.W.G. (2023) ‘Analisis Blok Aksara Bali dan Wujud Dasar dalam Lema Kamus Beraksara Bali-latin Tahun 2016’, Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 10(02), pp. 95–105. Available at: https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i1.48069.

Sdn, D.I. and Jeruk, K. (2022) ‘Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SDN KEbon Jeruk’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), pp. 611–620.

Sengkoen, J.F., Ma’i, V.S. and Tewuh, F.D. (2023) ‘Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Inpres Karegesan’, e-Journal: Pendidikan dan Teologi Kristen, 3(2).

Shaturaev, J.N. (2021) ‘INDONESIA : SUPERIOR POLICIES AND MANAGEMENT FOR BETTER EDUCATION ( Community development through Education )’, journal.tsue.uz, 1(1).

Sompotan, F.M., Sondakh, M. and Runtuwene, A. (2023) ‘Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan dalam Memenuhi Kebutuhan Pemustaka di Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon’, Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 5(1), pp. 1–5.

Sulistiani, H. et al. (2023) ‘Workshop Teknologi Metaverse Sebagai Media Pembelajaran’, Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), pp. 74–79.

Surya, P., Rofiq, M.H. and Ardianto (2021) ‘Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto’, Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), pp. 31–37.

Thohir, M.A. et al. (2023) ‘The effects of TPACK and facility condition on preservice teachers ’ acceptance of virtual reality in science education course’, Contemporary Educational Technology, 15(2), pp. 1–15.

Wahyuni, S. and Bhattacharya, S. (2021) ‘Strategy of Islamic Religious Education Theachers in Increasing Student Learning Motivation’, Journal Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), pp. 229–249.

Wardani, N.W., Kusumaningsih, W. and Kusniati, S. (2024) ‘Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Penga,bangan (JIEPP), 4(April), pp. 134–140.

Wijaya, A.M., Arifin, I.F. and Badri, M. (2021) ‘Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri di Masa Pandemi dalam Mata Pelajaran Sejarah’, Jurnal Sandhyakala, 2(2), pp. 1–10.

Wulandari, A.P. et al. (2023) ‘Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar’, Journal on Education, 5(2), pp. 3928–3936. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.

Yahya, S.A., Widyarini, M. and Sunardi, O. (2021) ‘Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Akuisisi Pengetahuan dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Administrasi Bisnis [JAB], 17(1), pp. 1–23.

Zahwa, F.A. (2022) ‘PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN’, Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), pp. 61–78.

Zulhelmi et al. (2023) ‘Development of Learning Media to Improve Students ’ Higher Order Thinking Skills in Circular Motion Material’, Journal of Research in Science Education, 9(4), pp. 1734–1740. Available at: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3536.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Nunik Mila Sari, & Muhammad Fauzi Al Hamidi. (2024). Implementasi Learning Management System (LMS) sebaga Media Pembelajaran di SMK Al Azhar Banyuwangi. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 4(2), 79–88. https://doi.org/10.59065/jissr.v4i2.149

Issue

Section

Articles