Strategi Transformasi Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Di Perguruan Tinggi Kabupaten Bone
DOI:
https://doi.org/10.59065/jissr.v5i1%20Special%20Issues.212Keywords:
Transformasi Pendidikan, Pengembangan SDM, Perguruan Tinggi, TeknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran transformasi pendidikan berbasis teknologi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di perguruan tinggi, khususnya di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tantangan globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan yang beraviliasi dengan kebutuhan dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta melakukan pembandingan data dari berbagai sumber untuk memastikan validitas temuan (Tringulasi Data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi pendidikan berbasis teknologi memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas SDM, namun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan infrastruktur digital, kesiapan tenaga pengajar, dan kesenjangan antara kurikulum dengan kebutuhan industri. Beberapa strategi yang dapat diimplementasikan meliputi pengembangan infrastruktur teknologi, pelatihan berkelanjutan bagi dosen dan mahasiswa, penyesuaian kurikulum berbasis kompetensi, serta pembelajaran hybrid dan berbasis proyek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa transformasi pendidikan berbasis teknologi dapat menghasilkan lulusan yang kompetitif dan siap menghadapi tantangan global, asalkan didukung oleh langkah-langkah strategis seperti peningkatan kapasitas tenaga pengajar, penyelarasan kurikulum, dan kolaborasi dengan industri. Dengan demikian, perguruan tinggi dapat berkontribusi secara signifikan dalam mencetak SDM yang unggul dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja.Downloads
References
Aman, A., Joko Raharjo, T., & Supriyanto, T. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Membentuk SDM Unggul yang Berjiwa Creativepreneurship di Era Society 5.0. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, hal. 7-12. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 8(1), 35–46.
Desti, F. A., Rudianti, R. S., Yanti, S. D., & Prihantini. (2023). Strategi Inovatif Pengelolaan Peserta Didik Dalam Membangun Generasi Unggul Di Era Digital. Sindoro Cendikia Pendidikan, 2(1), 101–112.
Hogan, D. B. (2024). Human Resources Training and Development in The Digital Era. IJLSSM: International Journal of Law Social Sciences and Management, 1(1).
Humiati, H., & Budiarti, D. (2020). Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.51213/jmm.v3i1.46
Istiantara, D. T. (2019). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Guna Meningkatkan Kinerja Pegawai Dan Dosen Polikteknik Perkeretaapian Indonesia. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 3(2). https://doi.org/10.37367/jpi.v3i2.89
Kholiq Abdul. (2020). Strategi pengembangan Lembaga Pendidikan Islam yang Unggul. Alasma, 2(1), 23–42. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4053/1/INDRA JAYA.pdf
Marwiji, Muh. Hasan, Qomaruzzaman, Bambang, Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Dalam Bidang Kurikulum: Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan Penerapannya. Jurnal Educatio, 9(4), 2194. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.6283
Melisawati, S., & Jamilus, J. (2024). Membangun Generasi Unggul: Menjelajahi Strategi Pengembangan SDM di Lembaga Pendidikan Islam Era Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5689–5697. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4519
Novrizal, N., Handrianto, B., & Andriana, N. (2024). Manajemen organisasi lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas sdm di perguruan tinggi. IHTIROM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 278–292.
Pramesti, K. D., Meisya, N. I., & Amrillah, R. (2024). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Agama, 03(04), 236234–236243.
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321.
Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 579–596.https://doi.org/10.47313/pjsh.v2i2.347
Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv.
Suherman, A., Lawelai, H., Nurtang, N., Salam, N., & Hadmar, A. M. (2022). Pengembangan Kapasitas Mahasiswa Menuju Generasi Unggul di Era 4.0. Society :Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–78. https://doi.org/10.55824/jpm.v1i2.80
Suryana. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspepektif pembangunan pendidikan. EDUKASI, 14(1).
Susanti, R. (2013). Teknologi Pendidikan Dan Peranannya Dalam Transformasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 15–23. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.448
Tahar, A., Setiadi, P. B., Rahayu, S., Stie, M. M., & Surabaya, M. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12381.
Yudhaputri, E. A. (2020). Interpersonal Skill: Upaya Peningkatan SDM Unggul Dunia Pendidikan. Jurnal Administrasi Profesional, 1(02), 1–7. https://doi.org/10.32722/jap.v1i02.3658
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Rahman, Herman, Asriadi, Mardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following conditions:
- Authors retain the copyright of their work while granting the journal the right of first publication. The published work is licensed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/). This license permits others to share and adapt the work, provided that proper credit is given to the original author(s) and the journal as the initial publisher.
- Authors may establish separate, additional agreements for the non-exclusive distribution of their published work (e.g., depositing it in an institutional repository or including it in a book), as long as they acknowledge its original publication in this journal.
- Authors must sign a copyright transfer agreement once they have reviewed and approved the final proof provided by JISSR before publication.