Pencapaian Prestasi Anak Dari Keluarga Keturunan Tionghoa Dalam Tinjauan Psikologi Budaya

Authors

  • Esther Marliana Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Indonesia
  • Jefri Setyawan Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59065/jissr.v5i1%20Special%20Issues.222

Keywords:

Psikologi Budaya, Budaya Tionghoa, Prestasi Pendidikan, Pola Asuh

Abstract

Meskipun sebagai salah satu etnis minoritas di Indonesia, keluarga keturunan Tionghoa mampu menunjukkan prestasi akademik yang tinggi. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan untuk meninjau pola asuh yang digunakan dalam keluarga keturunan Tionghoa dalam kaitannya dengan pencapaian prestasi anak. Penelitian ini melibatkan partisipan dari keluarga totok dan peranakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dalam bentuk wawancara mendalam dan pengisian kuesioner yang memakai skala likert. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang dominan digunakan dalam keluarga Tionghoa yang diteliti. Komunikasi terbuka antara orang tua dan anak, serta pemberian otonomi pada anak dengan pengawasan dan kontrol seimbang dari orang tua merupakan cara yang dipakai dalam pendekatan pola asuh ini. Selain memberikan dampak positif pada pencapaian prestasi akademik, pola asuh demokratis yang digunakan juga memberikan dampak positif pada kesadaran diri dan perilaku anak, sehingga anak menjadi lebih percaya diri dan mampu memecahkan masalah dalam kesehariannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiawati, I. (2014). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Baumrind, D. (1971). Current patterns of parental authority. Developmental Psychology. https://doi.org/10.1037/h0030372

Christian, S. A. (2017). Identitas budaya orang tionghoa Indonesia. Jurnal Cakrawala Mandarin, 1(1), 11-22.

Ferlando, E., & Agustono, R. (2019). Eksistensi Etnis Tionghoa Dalam Bidang Sosial Dan Budaya Di Indonesia Tahun 1966-2016. SwarnaDwipa, 2(3).

Florencia, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Perbedaan prestasi belajar ditinjau berdasarkan pola asuh orangtua. Psibernetika, 10(2). https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1050

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga

Isnaeni, N., & BSI, A. (2015). Perkembangan pendidikan anak-anak tionghoa pada abad 19 hingga akhir orde baru di Indonesia. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 489858.

Kia, A. D., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264-278.

Kim, S. W., Brown, K. E., Kim, E. J., & Fong, V. L. (2018). “Poorer children study better”: How Urban Chinese young adults perceive relationships between wealth and academic achievement. Comparative Education Review, 62(1), 84-102. https://doi.org/10.1086/695534

Rao, M., & Wang, H. (2023). The Relationship Between Parenting Styles and Adolescents' Academic Achievement. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 22, 753-757.

Ren, L., Chen, M., Hu, B. Y., & Sun, J. (2024). Parenting beliefs and practices as precursors to academic outcomes in Chinese children. Family process, 10.1111/famp.13006. Advance online publication. https://doi.org/10.1111/famp.13006

Hasibuan, A. A. (2018). Kontribusi Lingkungan Belajar dan Proses PembelajaranPrestasi Belajar Siswa Di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 25(2), 1-22. DOI:10.30829/tar.v25i2.365

Suryadinata, L. (2014). Negara dan minoritas Tionghoa di Indonesia. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 1(2), 2.

Wang, J., Huang, X., Li, Z., Chen, K., Jin, Z., He, J., ... & Liu, Z. (2024). Effect of parenting style on the emotional and behavioral problems among Chinese adolescents: the mediating effect of resilience. BMC public health, 24(1), 787.

Zhu, N., & Chang, L. (2019). Education and parenting in China. In E. Sorbing & J. E. Lansford (Eds.), School systems, parental behavior, and academic achievement: An international perspective (pp. 15–28). Springer.

Xia, X. (2024). Parental involvement and Chinese children’s cognitive and social-emotional school readiness: Differential effects across family socioeconomic status. Children and Youth Services Review, 161, 107647.

Kim, K. H., & Hua, Y. (2019). How cultural parenting impacts children’s academics and creativity. Creativity. Theories–Research-Applications, 6(2), 198-222.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Marliana, E., & Setyawan, J. (2025). Pencapaian Prestasi Anak Dari Keluarga Keturunan Tionghoa Dalam Tinjauan Psikologi Budaya. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 5(1 Special Issues), 167–173. https://doi.org/10.59065/jissr.v5i1 Special Issues.222