Manajemen Strategi Saudagar Bugis dalam Perdagangan Beras

Authors

  • Ansar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMKOP

DOI:

https://doi.org/10.59065/jissr.v2i2.39

Keywords:

manajemen strategi, saudagar bugis, perdagangan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi saudagar bugis dalam melakukakan usaha penggilingan dan perdagangan beras. Penelitian ini merupakan studi kasus di Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah informan kunci 1 orang, informan utama 12 orang dan informan pendukung 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi langsung dan wawancara kepada  saudagar dan pihak terkait dengan usaha penggilingan dan perdagangan beras. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah manajemen strategi saudagar bugis dalam mengembangkan usahanya dikenal dengan strategi stabilitas, strategi ekspansi, strategi diversifikasi, strategi penciutan dan kombinasi. Dari kelima strategi tersebut pada umumnya digunakan, namun khusus strategi diversifikasi tidak secara keseluruhan indikatornya dapat dilaksanakan secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Aziz. 2008. Ekonomi Islam Analisis Mikro dan Makro, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Agustian, Adang dan Iwan Setiadjie. 2008. “Analisis Perkembangan Harga dan Rantai Pemasaran Cabai Merah di Jawa Barat”. Bogor: Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Departemen Pertanian.

Ansar, dkk. 2020. MSDM (Proinsip dan Teori), Cv. Media Sains Indonesia , Bandung-Jawa Barat.

Ansar, dkk. 2021. Manajemen Transportasi (Teori dan Aplikasi), Yayasan Cendekiawan Indonesia Timur Bone.

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Lincolin. 1999. Pengantar perencanaan dan pembangunan ekonomi daerah. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Basu, Swasta dan Irawan. 1998. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Bulog. 2012.“kebijakan Pengadaan gabah dan beras”.Jakarta:Intruksi Presiden Nomor 3.

Belohvah., J.A, and Giddens-Eriny K, 1987, Selecting a Master Strategy, Journal of Business Strategy, Winter.

Bowersox, Donald J, 1978, Logistics Management 2, Second Edition, Terjemahan oleh Hasyim Ali, Bumi Aksara, Jakarta.

Brandt, D.R.,2000. “An “Outside-In” Approiach to Determining Customer-Driven Priorities for Improvement and Innovation”, White Paper Series, Volume 2 – 2000.

Badan Urusan Logistik. 2007. Pedoman Umum Pengadaan Gabah dan Beras Dalam Negeri. Divisi Pengadaan Perum Bulog. Jakarta

David, Fred., R., Strategy Management Concept and Cases, Pearson, USA.

Dessy Anwar. 2001. Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Abditama.

Idrus, M.S., 1997, Strategi: Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi dan Keunggulan Bersaing, Orasi Ilmiah 8 Januari 1997, Universitas Brawijaya, Malang.

Idrus, M.S, 2010, Manajemen Strategik, Media Ilmu, Sidoarjo

Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Damos Sihombing dan Wisnu Chandra Kristiaji. Jakarta: Erlangga.

M. Fuad. 2016. Pengantar Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mears, L.A. 1982. Era Baru Ekonomi Perberasan Indonesia, Gajah Mada University Press, Yokyakarta.

Nasution, 2004. Manajemen Transportasi, Edisi Kedua. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Presman, 2002. Lima Puluh Pemikir Ekonomi Dunia. Terjemahan Budisantoso. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Purwanto dan Sulistyastuti. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gava Media. Rahayu, Endang. 2009. “Mereposisi Peran Pemasaran Pertanian dalam Revitalisasi Pertanian”. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Sutrisno. 2010. “Upaya Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Pemasaran Beras”. Pati: Kantor Penelitian dan pengembangan Kabupaten Pati.

Syahza, Almasdi. 2003. “Paradigma Baru: Pemasaran Produk Pertanian berbasis Agribisnis”. Jakarta: Jurnal Ekonomi, TH. VIII/01/Juli, PPD&I Fakultas Ekonomi Tarumanegara

Suci, Rahayu Puji, 2004, Manajemen Strategi, Yayasan Mitra Alam Sejati, Surabaya

Suci, Rahayu Puji, 2015, Efisiensi Manajemen Strategi, Penerbit Zifatama Publisher, Surabaya

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Ansar. (2022). Manajemen Strategi Saudagar Bugis dalam Perdagangan Beras. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 2(2), 134–146. https://doi.org/10.59065/jissr.v2i2.39

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)